Rancang Metode Pembelajaran Daring Sebagai Media Belajar Pemrograman Menggunakan Discord
DOI:
https://doi.org/10.52661/j_ict.v5i1.198Keywords:
Pembelajaran Daring, Internet, Media Sosial, DiscordAbstract
Pembelajaran daring adalah metode yang sering disebut pembelajaran online, dimana pembelajaran tersebut memanfaatkan telnologi internet, yang memiliki fitur-fitur unggul dalam menyajikan banyak bentuk konten pembelajaran. Internet merupakan teknologi dalam perkembangannya tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan masyarakat. Internet adalah koneksi antara komputer yang saling keterhubungan. Media sosial merupakan salah satu contoh aplikasi yang berbasis pada penggunaan teknologi internet. Media sosial menjadi tempat di mana pengguna dapat terhubung, berkomunikasi dan bertukar informasi dengan menggunakan internet sebagai jaringan penghubung. Aplikasi media sosial yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Discord. Discord adalah aplikasi untuk komunikasi berbasis suara, video dan teks. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis mencoba mengimplementasikan aplikasi Discord dalam pembelajaran Pemrograman di Universitas Telkom kampus Jakarta. Penggunaan Discord digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan asinkron untuk meningkatkan minat dan kreativitas mahasiswa dalam pemrograman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilham Roni Yansyah, Hertanto Suyoprayogo, Qilbaaini Effendi Muftikhali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.