EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTEK BAHASA INGGRIS SECARA DARING DI AKADEMI TELKOM JAKARTA
Main Article Content
Abstract
Covid-19 telah memaksa seluruh warga negara dunia mengubah pola aktivitas harian mereka, mulai dari menetapkan berbagai kebijakan pemerintah dalam ranah Sospol Hankam. Berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia diambil dalam bentuk implementasi WFH (Work From Home), himbauan physical distancing dan PSBB di tiap provinsi dan kota di Indonesia. Dengan adanya implemetasi kebijakan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut mengambil kebijakan sebagai panduan dalam menghadapi penyakit tersebut di tingkat satuan pendidikan (Kemendikbud, 2020). Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta (Akatel) turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan kebijakan WFH dan SFH (School From Home) sejak pertengahan Maret 2020. Sejak diberlakukannya SFH, mahasiswa melaksanakan pembelajaran secara daring untuk seluruh mata kuliah termasuk Praktek Bahasa Inggris yang dalam kurikulum 2017 Akatel diberikan selama 5 semester. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris di Akatel yang dilaksanakan secara daring selama 12 minggu (dari total 16 minggu perkuliahan semester). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengikuti perkuliahan dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala dalam belajar.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.