Perancangan dan Implementasi Aplikasi Panorama untuk Platform Android dengan Pemanfaatan Unity Hub

Authors

  • Muhammad Altadya Maraqy Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ardiani Farida

Keywords:

Android, Aplikasi Panorama, Platform Unity Hub, Teknologi Panorama, Pengembangan Aplikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi panorama berbasis Android dengan memanfaatkan Unity Hub sebagai platform pengembangan. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman visual yang imersif bagi pengguna melalui teknologi panorama 360 derajat, yang memungkinkan pengguna untuk melihat lingkungan sekitar secara interaktif. Proses pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan aplikasi, dilanjutkan dengan desain antarmuka pengguna dan integrasi fitur-fitur panorama. Unity Hub digunakan sebagai alat untuk membangun dan menyusun aplikasi, mengingat kemampuannya dalam menangani grafik 3D dan mendukung platform Android. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi panorama ini berhasil diimplementasikan dengan kualitas visual yang baik, serta responsivitas yang memadai pada perangkat Android. Pengujian aplikasi dilakukan dengan mengukur kinerja, responsivitas, dan pengalaman pengguna. Kesimpulannya, penggunaan Unity Hub dalam pengembangan aplikasi panorama berbasis Android terbukti efektif dalam menciptakan aplikasi dengan kualitas visual yang tinggi dan pengalaman interaktif yang memadai.

References

https://journal.upgris.ac.id/index.php/jipetik/article/view/8731

Alhamdi, N. S., Fajri, B. R., & Samala, A. D. (2023). Virtual tour panorama 360 sebagai media visualisasi lingkungan kampus. ELEKTIF: Jurnal Elektronika & Informatika, 1(2). https://elektif.ppj.unp.ac.id/index.php/elektif/article/view/20

Apriyanto, A., & Pangaribuan, H. (2023). Perancangan Augmented Reality sebagai pembelajaran anatomi manusia berbasis Android. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 8(1), 8–18.

Astuti, Y., Fatimah, T. A. N., Fakhruddin, R. R. (2022). Transformasi digital museum seni rupa berbasis 3D virtual tour interaktif dengan Unity. Journal of Information System and Application Development, 2(2).

Farhana, H., & Rosadi, M. I. (2021). Aplikasi Virtual Tour Reality 360° Profil Lingkungan Kantor Kecamatan Pandaan Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 6(2), 84–93.

Fauzi, A. N., Muryamto, R., & Rachmat, I. (2022). Pembuatan virtual tour Pantai Ngrumput, Gunungkidul menggunakan foto 360 derajat. UGM Repository. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/217656

Kharismajati, G., Umar, R., & Sunardi, S. (2020). Inovasi promosi obyek wisata Purbalingga menggunakan teknologi virtual reality 360 panorama berbasis Android. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 3(2).

Mardainis, M., Arifin, M., Rahmaddeni, R., & Efendi, Y. (2020). Virtual tour interaktif 360 derajat menggunakan teknik image stitching sebagai media informasi kampus STMIK Amik Riau. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 209–222.

Riyadi, S., & Nurhaida, I. (2022). Aplikasi sistem virtual tour E-Panorama 360 derajat berbasis Android untuk pengenalan kampus Mercu Buana. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(1), 17–24.

Saputra, H., Sukartini, N. M., Nasution, M. Z., & Al Ariyah, M. R. (2024). Pengembangan virtual tour dengan teknologi video 360 derajat di Desa Wisata Aik Berik Lombok Tengah. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1–10. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/4560

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Muhammad Altadya Maraqy, & Farida, A. (2025). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Panorama untuk Platform Android dengan Pemanfaatan Unity Hub . Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 7(1), 10–22. Retrieved from https://ejournal.akademitelkom.ac.id/j_ict/index.php/j_ict/article/view/390

Issue

Section

Informatika