SEGMENTASI YOUTUBE TRENDING MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS BERDASARKAN VIEWERS

Authors

  • Agdi Anas Ubaidillah UNJANI
  • Yulison Herry Chisnanto
  • Gunawan Abdillah Abdillah

DOI:

https://doi.org/10.52661/jict.v6i2.292

Abstract

Youtube merupakan platform video paling populer di dunia saat ini. Banyak video viral di Youtube dari Indonesia. Tapi, membuat video viral di Youtube adalah tantangan yang berat, baik untuk berpengalaman YouTuber dan khususnya untuk youtuber baru. Penelitian ini akan berfokus pada menemukan sifat video viral dengan mengelompokkannya ke dalam kelompok yang berbeda. Algoritma Fuzzy C-Maeans digunakan untuk proses clustering. Tujuan dari proses clustering ini adalah untuk mencari pola dalam data yang sebelumnya tidak terlihat. Hasil menunjukkan bahwa video dibagi menjadi tiga kelompok yang dibangun dari 3 variabel; view_count, likes, comment_count. Pola dan wawasan yang ditemukan dalam penelitian ini dapat berguna bagi calon pembuat video yang ingin meraih kesuksesan sebagai Youtuber. Hasil analisis cluster yang dilakukan memiliki 3 cluster dengan 10184 video berada di cluster 1 dengan indikasi tidak trending, 551 video berada di cluster 2 dengan indikasi sangat trending dan 35 video berada di cluster 3 dengan indikasi trending. Adapun pengujian dan evaluasi kualitas cluster yang terdapat pada sistem menggunakan silhouette dengan hasil mencapai 0.8778072603970618 mendekati angka 1.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Ubaidillah, A. A., Chisnanto, Y. H., & Abdillah, G. A. . (2025). SEGMENTASI YOUTUBE TRENDING MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS BERDASARKAN VIEWERS. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 6(2), 1–6. https://doi.org/10.52661/jict.v6i2.292

Issue

Section

Informatika