Security Requirement untuk Perancangan Aplikasi Smart Tracking System pada Bus Sekolah

Authors

  • Rana Zaini Fathiyana Telkom University
  • Arif Rahman Hakim Universitas Telkom
  • Hakim Giraldi Saputra

DOI:

https://doi.org/10.52661/j_ict.v6i1.247

Abstract

Keamanan data dalam pengembangan aplikasi perangkat lunak merupakan hal yang terpenting dan mendasar. Dalam membuat rancangan hingga realisasi dibutuhkan suatu requirement terkait keamanan yang harus ada dalam aplikasi. Untuk mengintegrasikan keamanan dengan requirement yang diinginkan maka perlu dibuat suatu Security requirement. Security requirement menjadi hal yang penting agar masalah keamanan dapat diatasi lebih awal serta menghindari kemungkinan terjadinya pengerjaan ulang atas masalah yang terjadi. Makalah ini mengusulkan suatu Security requirement untuk aplikasi smart tracking system pada bus sekolah yang dihasilkan dari kombinasi dan adopsi publikasi NIST Special Edition (SP) 800-160 dengan metode Security requirement engineering framework MOSRE-WebApp selain itu Security requirement ini didapat dari hasil analisis aset dan ancaman menggunakan threat modeling STRIDE. Hasil analisis yang telah dilakukan menghasilkan 15 Security requirement untuk aplikasi smart tracking system pada bus sekolah. Diharapkan Security requirement ini dapat mengurangi celah keamanan yang mungkin terjadi dalam implementasi aplikasi sistem yang dirancang.

References

Haley CB, Moffett JD, Laney R, Nuseibeh B. Security requirements engineering: a framework for representation and analysis. IEEE Trans Software Eng 2008;34(1):133–53.

Elky, S., 2006. An Introduction to Information System Risk Management. SANS Institute InfoSec Reading Room.copyright©SANS Institute

P. Salini, S. Kanmani, “Security requirement Engineering Process for Web Application”, Procedia Engineering, vol. 38, pp. 2799 - 2807, 2012.

Abomhara, Mohamed & Køien, Geir & Gerdes, Martin. (2015). A STRIDE-Based Threat Model for Telehealth Systems.

Adam Shostack, “Threat Modeling: Design for Security”, Wiley Publisihing, 2014.

J. Meier, A. Mackman, M. Dunner, S. Vasireddy, R. Escamilla, and A. Murukan, Improving web application security: threats and countermeasures. Microsoft Redmond, WA, 2003.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Fathiyana, R. Z., Arif Rahman Hakim, & Hakim Giraldi Saputra. (2024). Security Requirement untuk Perancangan Aplikasi Smart Tracking System pada Bus Sekolah. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 6(1), 52–64. https://doi.org/10.52661/j_ict.v6i1.247

Issue

Section

Informatika