Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Umat Katolik Santo Yohanes Sekabuk Berbasis Web Mobile

Authors

  • LILI UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
  • Muhammaf Fachrie

DOI:

https://doi.org/10.52661/j_ict.v5i2.235

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 kemajuan di bidang teknologi internet terus berkembang dalam kehidupan manusia maupun dalam kerohanian gereja, dengan ini gereja pun mengakui pentingnya memanfaatkan teknologi informasi untuk menyediakan layanan kepada umat khususnya umat Sekabuk. Penelitian ini membahas perancangan sebuah aplikasi sistem informasi umat Katolik Santo Yohanes Sekabuk berbasis web mobile, yang bertujuan untuk mempermudah akses informasi gereja. Aplikasi ini dibuat dengan mempertimabangkan kebutuhan umat Sekabuk, termasuk informasi mengenai tata ibadah, petugas ibadah, pengumuman, jadwal kegiatan, bacaan mingguan, dan renungan, yang diharapkan dapat membantu dan mempermudah proses dalam mendapatkan informasi. Desain antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan juga menjadi fokus dalam perancangan aplikasi. Aplikasi dibuat menggunakan Android Studio dengan bahasa pemograman kotlin. Sistem pengujian yang dulakukan menggunakan metode blackbox, Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang dibentuk dengan cara merancang pengolahan informasi mengenai gereja katolik St.Yohanaes Sekabuk. Pengguna dapat mengakses aplikasi yang berbasis mobile. Sedangkan admin dapat melakukan Kelola data menggunakan website. Hasil pengujian dengan menggunakan metode blackbox dikatakan berhasil karena semua data yang dimasukan boleh terinput dengan benar. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan memepermudah staf Gereja Katolik St.Yohanes Sekabuk dalam  memperoleh informasi Gereja.

References

MBETE, V. (2021). Menelaah Efektivitas Peran Dewan Pastoral Paroki St. Yohanes Maria Vianney Magepanda dan Relevansinya Terhadap Kehidupan Berparoki. IFTK Ledalero.

Nugroho, B. P., & Jayanti, S. (2017). Implementasi Sistem Informasi Berbasis Web (Studi Kasus Gereja GKE Sion Palangkaraya). Jurnal Saintekom, 7(2), 138–152.

Rachmatullah, R., Sumboro, B., & Setianingsih, F. W. (2021). Sistem Informasi Administrasi Gereja Paroki St. Stephanus Jumapolo Berbasis Android. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 27(1), 50–57.

Saputra, S. J., Putra, I. G. J. E., & Fredlina, K. Q. (2021). Aplikasi Pencarian Jadwal Ibadah dan Kegiatan Gereja Kristen Jawi Wetan Berbasis Mobile (Studi Kasus Kabupaten Jember). Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 9(3), 73-82.

Panggalo, R. (2014). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEREJA BERBASIS WEB (Studi Kasus Jemaat GMIM Getsemani Paal IV Manado) (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Manado).

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

LILI, & Fachrie, M. (2023). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Umat Katolik Santo Yohanes Sekabuk Berbasis Web Mobile . Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 5(2), 52–67. https://doi.org/10.52661/j_ict.v5i2.235

Issue

Section

Informatika