Optimasi SEO (Search Engine Optimization) sebagai Strategi Peningkatan Online Presence bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Asep Id Hadiana Universitas Jenderal Achmad Yani
  • eddie krishna putra

DOI:

https://doi.org/10.52661/j_ict.v5i1.145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi optimasi SEO sebagai upaya peningkatan online presence bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei dan analisis menggunakan metode regresi linier. Sampel penelitian terdiri dari 50 UMKM yang beroperasi secara online di sektor yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kata kunci yang relevan, kualitas konten, backlink, struktur situs web, dan responsif terhadap perangkat mobile memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis UMKM dan online presence mereka. Strategi SEO yang efektif dapat meningkatkan peringkat mesin pencari, kunjungan organik, tingkat konversi, waktu tinggal pengunjung, dan mengurangi bounce rate. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pemahaman tentang SEO, dan persaingan yang intens di lingkungan digital menjadi hambatan dalam implementasi strategi ini. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang pentingnya optimasi SEO dalam meningkatkan online presence UMKM dan memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi strategi SEO. Implikasi praktisnya adalah UMKM perlu meningkatkan pemahaman tentang SEO, mengembangkan kemampuan dalam menerapkan strategi SEO yang efektif, dan memperhatikan tantangan yang mungkin dihadapi dalam lingkungan bisnis online.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Hadiana, A. I., & putra, eddie krishna. (2023). Optimasi SEO (Search Engine Optimization) sebagai Strategi Peningkatan Online Presence bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 5(1), 11–22. https://doi.org/10.52661/j_ict.v5i1.145

Issue

Section

Articles