Pengaruh Frekuensi Sampling Terhadap Waktu dan Akurasi Penentuan Lokasi Menggunakan Metode TDOA Multilaterasi

Main Article Content

Haifa Nabila

Abstract

Kemampuan menentukan lokasi merupakan hal yang banyak dikembangkan saat ini. Akurasi yang baik menjadi tujuan para ilmuwan dalam mengembangkan teknik-teknik penentuan lokasi. Teknik-teknik tersebut tidak hanya bergantung pada algoritma dan karakteristik sinyal yang digunakan, tetapi juga pada perangkat. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan pada akurasi, biaya penggelaran dan operasional, kompleksitas perhitungan, dan peruntukan penggunaan.


Pada penelitian ini disimulasikan sebuah teknik penentuan lokasi menggunakan informasi TDOA. TDOA memanfaatkan perbedaan waktu kedatangan sinyal pada receiver yang berbeda. Informasi TDOA tersebut dijadikan input untuk algoritma multilaterasi. Pengembangan algoritma dilakukan dengan simulasi pada Matlab dengan memodelkan proses pemancaran dan penerimaan sinyal. Setelah itu disusun algoritma penentuan lokasi sinyal dengan memanfaatkan informasi perbedaan waktu kedatangan sinyal pada empat receiver yang dipasang menyebar. Setelah simulasi mampu menghasilkan akurasi posisi yang baik dari posisi target yang berbeda-beda, dilakukan perubahan variabel frekuensi sampling untuk mengetahui pengaruh frekuensi sampling terhadap akurasi penentuan lokasi dan lama waktu pemrosesan algoritma.


Berdasarkan hasil simulasi, didapatkan hubungan antara bertambahnya frekuensi sampling yang digunakan dengan bertambahnya akurasi penentuan posisi. Hal ini disebabkan karena semakin banyak sampel yang dicuplik maka semakin lengkap dan akurat pula data yang diproses. Selain itu, hubungan lainnya adalah bertambahnya frekuensi sampling justru meningkatkan waktu pemrosesan yang diperlukan. Hal ini dikarenakan semakin banyak sampel yang dicuplik maka semakin banyak pula perhitungan yang dilakukan. Dengan adanya tradeoff seperti ini, diharapkan jurnal ini dapat memberi gambaran bagi para peneliti dalam memilih akurasi dan waktu pemrosesan yang sesuai dengan keperluan penelitian masing-masing.

Article Details

How to Cite
Nabila, H. (2021). Pengaruh Frekuensi Sampling Terhadap Waktu dan Akurasi Penentuan Lokasi Menggunakan Metode TDOA Multilaterasi. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 3(2), 74 - 82. https://doi.org/10.52661/j_ict.v3i2.87
Section
Telecommunication