Penerapan Simulasi Emulated Virtual Environment – New Generation (Eve-NG) (Studi Kasus Di SMKN 1 Buah Dua Sumedang – SMK PK)

Authors

  • Nurwan Reza Fachrurrozi Institut Teknologi Telkom Jakarta
  • Acep Nandang S
  • Aldyanto Pratama

DOI:

https://doi.org/10.52661/j_ict.v3i2.76

Keywords:

TKJ, Simulasi VM EVE-NG, SMKN 1 Buah Dua Sumedang, SMK-Pusat Keunggulan

Abstract

Pemahaman & Keterampilan  penguasaan di teknologi telekomunikasi khususnya dibidang jaringan komputer merupakan tujuan siswa setelah lulus dari SMK TKJ. Untuk meningkatkan tingkat keterampilan diperlukannya jam terbang yang luas serta pengalaman baik implementasi di lapangan kerja. Dalam proses pembelajaran perangkat keras yang digunakan berupa peralatan jaringan yang harganya relatif mahal. Untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan software simulasi jaringan yaitu "Eve-NG. Pada penulisan ini khususnya guru/siswa di SMKN 1 Buah Dua Sumedang Jurusan TKJ akan mendapatkan penjelasan mengenai simulasi pelatihan oleh tim Pendamping SMK Pusat Keunggulan dari Institut Teknologi Telkom Jakarta tentang aplikasi EVE-NG meliputi perangkat Router Mikrotik & Switch Cisco.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Fachrurrozi, N. R., S, A. N., & Pratama, A. (2021). Penerapan Simulasi Emulated Virtual Environment – New Generation (Eve-NG) (Studi Kasus Di SMKN 1 Buah Dua Sumedang – SMK PK). Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 3(2), 1–9. https://doi.org/10.52661/j_ict.v3i2.76

Issue

Section

Telecommunication