Penerapan Modul Praktikum Jaringan Komunikasi Data & Komputer Berbasis Cisco Packet Tracer Version 7.3.1.0362 ( Studi Kasus Di Institut Teknologi Telkom Jakarta )

  • Nurwan Reza Fachrur Rozi Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta
Keywords: Praktikum, Jaringan Komunikasi Data & Komputer, Simulasi Packet Tracer, Video Pembelajaran

Abstract

Perkembangan jaringan komputer saat ini begitu pesat, monitoring jaringan komputer akan menjadi suatu hal yang sulit dan rumit. Koneksi jaringan komputer merupakan suatu hal yang mendasar dalam suatu jaringan, karena bila koneksi itu bermasalah maka semua jenis aplikasi yang dijalankan melalui jaringan komputer tidak dapat digunakan. Mata kuliah Praktikum Jaringan Komunikasi Data & Komputer memerlukan praktikum penunjang untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian mahasiswa terkait materi yang diberikan. Pelaksanaan praktikum konvensional untuk mata kuliah ini memerlukan beragam perangkat keras dan komponennya yang tidak murah. Suatu mode alternatif praktikum jaringan komunikasi data & komputer ditawarkan dengan mengedepankan modul pembelajaran mandiri dalam bentuk media teks, video pembelajaran, aktifitas praktek melalui simulasi dan pengerjaan pre test serta post test. Simulasi jaringan komunikasi data & komputer dilakukan melalui tools perangkat lunak, diantaranya adalah Packet Tracer. Cisco packet tracer dapat digunakan untuk simulasi yang mencerminkan arsitektur dan juga model dari jaringan komputer pada sistem jaringan yang digunakan. Dengan menggunakan aplikasi cisco packet tracer, simulasi mengenai jaringan dapat dimanfaatkan menjadi informasi tentang keadaan koneksi komputer dalam suatu jaringan.

Published
2021-07-08
How to Cite
Fachrur Rozi, N. (2021). Penerapan Modul Praktikum Jaringan Komunikasi Data & Komputer Berbasis Cisco Packet Tracer Version 7.3.1.0362 ( Studi Kasus Di Institut Teknologi Telkom Jakarta ). Journal of ICT (Informatics and Communication Technology), 3(1), 10 - 19. Retrieved from http://ejournal.akademitelkom.ac.id/j_ict/index.php/j_ict/article/view/63
Section
Telecommunication