Perancangan Sistem Informasi Customers Relationship Management Berbasis Web

Main Article Content

Achmad Udin Zailani

Abstract

CRM (Customers Relationship Management) merupakan suatu pendekatan yang menyeluruh untuk menciptakan, memelihara dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan. CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dengan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan yang berharga melalui penggunaan informasi tentang pelanggan, berdasarkan apa yang diketahui dari pelanggan, perusahaan dapat membuat variasi penawaran, pelayanan, program, pesan dan media. Dalam penelitian ini model pegembangan sistem yang digunakan menggunakan model RAD (Rapid Application Development ) adalah model proses pengembangan perangkat lunak yang bersifat incremental terutama untuk waktu pengerjaan yang pendek atau singkat, kelebihan dari model ini adalah lebih efektif dari pendekatan waterfall/sequential linear dalam menghasilkan sistem yang memenuhi kebutuhan langsung dari pelanggan, cocok untuk proyek yang memerlukan waktu yang singkat dan memakan biaya yang relatif lebih murah. Sampai saat ini sistem yang digunakan untuk pengolahan data perusahaan belum terintegrasi seperti sistem estimasi biaya, stock part, data customers, dan data supplier, sehingga pengolahan data menjadi kurang efisien, sistem booking masih menggunakan cara konvensional seperti booking masih melalui telepon dan datang langsung, sehingga antrian di customers service menjadi banyak. Pada penelitian ini peneliti akan merancang sebuah sistem pengelolaan informasi customers relationship management yang saling terintegrasi satu sama lain seperti, data customers, data supplier, data parts, dan data estimasi service agar pengolahan data lebih efisien. Selain itu peneliti juga akan membuat sistem informasi booking secara online untuk calon pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu datang langsung untuk melakukan booking service. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian sistem crm ini disimpulkan bahwa dalam penerapan sistem pengolahan data sudah terintegrasi seperti sistem estimasi biaya, data stock parts, data customers sehingga proses pengelolaan data customers menjadi lebih efisien dalam hal waktu. Dalam penerapan sistem booking service, sudah menggunakan pendaftaran secara online, seperti pengisian biodata customers, estimasi service, sehingga antrian customers di customers service menjadi berkurang

Article Details

How to Cite
Zailani, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Customers Relationship Management Berbasis Web. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 1(2), 11-20. https://doi.org/10.52661/j_ict.v1i2.36
Section
Informatika