PERANCANGAN SISTEM PENGENDALI LEVEL AIR PADA BAK MANDI MENGGUNAKAN SINYAL AMPLITUDO MODULASI

Authors

  • Muhammad Soleh Hapudin
  • Sumantri Wicaksono

Abstract

ABSTRAK
Penggunaan air dalam kehidupan rumah tangga ataupun industri setiap harinya sangat tidak mungkin terhindarkan. Sistem pengaturan penggunaan air menjadi sangat dibutuhkan, terutama dalam hal penghematan energi.
Penggunaan level pengendali pada bak penampungan air, menjadi suatu solusi untuk melakukan hal tersebut. Masalah yang timbul dari sistem konvensional adalah tidak terkendalinya pemakaian kebutuhan air. Pemborosan energi listrik dan kerusakan pompa air adalah hal yang menjadi masalah tersebut.
Dengan demikian penggunaan pengendali level air ini sangat aplikatif dalam kehidupan rumah tangga dan industri. Sehingga tidak lagi terjadi masalah – masalah seperti pada teknologi konvensional.
Hasil Penelitian dari alat ini adalah untuk membantu dalam pengendalian penggunaan air sehingga tidak berlebih sesuai yang dibutuhkan, jadi alat ini berfungsi apabila level air yang dikeluarkan sudah melampaui batas maka secara otomatis alat ini akan mematikan pompa untuk memberhentikan air yang keluar.
Kata Kunci : Level Air, Pemancar AM


ABSTRACT
Using water in industrial or domestic life every day is very unlikely inevitable. Regulatory system of water use become indispensable, especially in terms of energy savings.
The use of control levels in water reservoirs, into a solution to do so. Problems arising from the conventional system is the uncontrolled use of water needs. Electrical energy wastage and damage the water pump is the problem.
Thus the use of water-level controller is very applicable in domestic life and industry. So no longer be a problem - a problem as in conventional technology.
The result of the final project of this tool is to assist in controlling water usage so that no excess as needed, so it works when the water level has exceeded the limit it is issued automatically it will turn off the pump to stop water coming out.
Keywords: Water Level, Transmitter AM

Downloads

Published

2017-09-09

Issue

Section

Journal