RANCANG BANGUN ALTERNATIF CHARGER HANDPHONE TENAGA SURYA (SOLAR CELL)

Authors

  • Muhammad Soleh Hapudin
  • Andika -

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini berlatar belakang perlunya energi alternatif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi peralatan komunikasi yaitu handphone di daerah-daerah yang belum ada persediaan listrik maupun sumber listrik pembangkit yang bersifat alternatif dan emergency. Masalah yang dikaji adalah bagaimanakah merancang penstabilan tegangan dan membuat charger handphone tenaga surya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang charger handphone tenaga surya dengan menggunakan penstabil tegangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif persentase. Data yang diperoleh adalah besaran-besaran dari hasil penstabilan kemudian dibandingkan dengan hasil perhitungan. Dengan metode penelitian tersebut dapat dicari rata-rata tegangan keluaran serta perbedaan nilai tegangan sebelum penstabilan tegangan dan nilai tegangan sesudah penstabilan dengan nilai tegangan yang diharapkan yaitu sebesar 4,5 volt.
Hasil akhir dari penelitian Proyek Akhir ini adalah prancangan charger dengan menggunakan modul panel surya. Panel surya ini dimaksudkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Tegangan yang keluar dari modul (solar cell) ini belum stabil sehingga digunakan rangkaian regulator dengan IC LM317 untuk menstabilkan tegangan. Pengisian baterai dapat dilakukan pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00 dengan keadaan cuaca tentunya cerah.
Kata Kunci: Panel Surya (Solar Cell), IC LM 317 dan Konektor.


ABSTRACT
Background study of needs of alternative energy that is used to meet the energy needs of mobile communications equipment in areas where there is no electricity supply and electricity generation and alternative sources of emergency. The problem studied is how to make solar mobile phone charger design. The purpose of this study was to design a solar-powered cellular phone charger.
The research method used is descriptive research method percentage. The data obtained is the amount of stabilization and then compared with the results of the calculation. With a research method can be searched on the average output voltage and the voltage difference before stabilizing voltage and stabilizing the voltage value after the expected voltage value equal to 4.5 volts.
The final results of this study is the filler prancangan Final Project with solar panel modules. The solar panel is intended as a powerhouse. The voltage that comes out of the module (solar cells) are unstable, so use with LM317 IC regulator circuit for stabilizing the voltage. Charging the battery can be carried out in 0700 to 16.00 hours with sunny weather conditions of course.
Keywords: Solar (cell sollar), IC LM 317, and Connector

Downloads

Published

2017-09-09

Issue

Section

Journal