RANCANG BANGUN PENGHEMATAN LISTRIK MENGGUNAKAN SISTEM INFRA RED

Authors

  • Muhammad Soleh Hapudin
  • Desma Yenni Parlina

Abstract

ABSTRAK
Dunia teknologi memiliki kemajuan yang pesat sangat dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, sehingga mobilitas yang tinggi dan tidak bisa menetap dalam waktu yang lama dalam satu lokasi. Itulah yang terjadi pada zaman sekarang ini, teknologi yang cepat dan dirancang untuk mengikuti perkembangan saat ini. Berhubung dunia memasuki zaman globalisasi maka manusia perlu membantu untuk menghemat apa yang digunakan setiap harinya
Alat sensor otomatisasi lampu penerangan dan keran kamar mandi ini dapat aktif jika hanya ada yang mempergunakan,sehingga terhindar dari pemborosan yang tidak diperlukan. Sistem perancangan alat ini memanfaatkan sensor infra red. Alat ini akan menggatur dan mengoptimalisasikan jumlah orang yang masuk sehingga pada saat sensor mendeteksi adanya yang masuk kedalam kamar mandi maka dengan otomatis sensor bersingkronisasi dengan lampu dan keran kamar mandi,sebaliknya pada saat orang yang masuk tersebut keluar maka secara otomatis juga lampu dan keran kamar mandipun mati.
Hasil akhir dari proyek akhir ini diharapkan dapat menghasilkan suatu alat untuk lebih menghemat energi listrik, baik dari segi biaya maupun sumber energi itu sendiri
Kata kunci : Lampu,Keran kamar mandi , Sensor Infra Red.


ABSTRACT
Technological world has been improving rapid very prosecuted to follow time progress, so that its high mobility and can’t settled in a long time in one location. So it was in the days of this technology a quick and designed to closely follow the developments today.sinceworld entering the age of globalization human then need to help to save what is used every day.
Sensoric instruments automation lighting and cheran the bathroom could off if just anybody use, so avoid the extravagance is not required. System design of this equipment utilizing infra red sensor. It will optimize the number one who enters so, when cencorship detected that right inside the bathroom then with automatic cencorship with lights and cheran the bathroom, otherwise at one who enters the out so automatically also lamp cheran bathroom become dead.
The end result of the project is expected to produce an apparatus for more save electrical energy both in terms of cost and energy sources itself.
Keywords :Lamp cheran bathroom, infra red sensor

Downloads

Published

2017-09-09

Issue

Section

Journal