ANALISIS IMPLEMENTASI LAYANAN DATA VPN IP UNTUK LINK TELKOMSEL PADA METRO ETHERNET PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk. (Studi Kasus Ruas Semanggi-2 (SM2) – Telkomsel Wisma Mulia)

Authors

  • Ade Nurhayati

Abstract

ABSTRAKSI

                Peningkatan pelayanan terhadap pelanggan merupakan hal yang paling diutamakan bagi setiap perusahaan penyedia jasa telekomunikasi. Termasuk yang dilakukan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, tbk. dengan menerapkan teknologi layanan VPN IP pada jaringan backbone Metro Ethernet yang dimilikinya. Dengan demikian, frame-frame yang di-broadcast pada sebuah jaringan hanya dialihkan di antara port-port yangdikelompokkan.
                 Pada penelitian ini dilakukan analisis link Semanggi-2 (SM2) – Telkomsel Wisma Mulia yang menggunakan layanan VPN IP pada jaringan Metro Ethernet.

VPN IP merupakan suatu layanan dari PT. Telekomunikasi Indonesia, tbk. untuk perusahaan dan institusi yang membutuhkan komunikasi data yang aman dan ekonomis bagi kantor pusat dan cabang di berbagai lokasi yang tersebar.

Kata kunci : Metro Ethernet, Layanan VPN IP.

ABSTRACT

                Customer  services  improvement is one  of  telecommunication companies main goal. PT. Telekomunikasi Indonesia, tbk. Applied VPN technology services on backbone network with Metro Ethernet. Frames are broadcast in the network and  switch  to port-port into group.
                 This research ia about link analyses on Semanggi-2 (SM2) – Telkomsel Wisma Mulia with  VPN IP services on  Metro Ethernet network.

The result is VPN IP services  in  PT. Telekomunikasi Indonesia, tbk needs data communication safe and better for all companies.

Kata kunci : Metro Ethernet, services  VPN IP.

Downloads

Issue

Section

Journal