Perancangan Aplikasi Manajemen Service Perangkat ICT (Information and Communication Technologies) Berbasis Web

Authors

  • Muhammad Jamaludin
  • Maulana Ardhiansyah
  • Achmad Udin Zailani

Abstract

PT. GMF-AeroAsia adalah Perusahaan Maintenance Repair & Overhaul (MRO), didalam kegiatan operasionalnya perlu di dukung oleh sistem ICT (Information and Communication Technologies) guna menjalankan bisnisnya. Dengan demikian peran Helpdesk sangat penting untuk memberikan pelayanan agar sistem ICT selalu berjalan dengan lancar dan baik. Setiap harinya sering terjadi kendala dalam penggunaan sistem ICT, baik dari sisi knowledge user, kesalahan sistem, maupun kerusakan perangkat yang harus ditangani oleh tim Helpdesk, tetapi dalam penanganannya masih banyak kekurangan seperti sistem pencatatan laporan keluhan user yang tidak rapih, pemakaian sparepart, peralihan pengerjaan serta penanganan yang tidak cepat terhadap sistem ICT. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu membuat perancangan aplikasi manajemen service perangkat ICT (Information and Communication Technologies) berbasis Web pada unit helpdesk PT. GMF-AeroAsia. Dengan sistem informasi ini User dapat melaporkan langsung melalui email atau telepon dan laporan kerusakan akan tercatat kedalam sistem sehingga semua tim Helpdesk dapat mengetahui status akhir pengerjaan penanganan laporan kerusakan tersebut, dan dapat diketahui sisa stok sparepart maupun pemakaian sparepart dalam jangka waktu tertentu. Penelitian dilakukan dengan mengamati kegiatan pada Unit Helpdesk secara langsung sehingga didapatkan hasil analisis mengenai kebutuhan sistem. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL sebagai basis datanya.


Kata Kunci : Helpdesk, Service, MRO, Aplikasi Berbasis Web, ICT, Sparepart.

Downloads

Published

2019-07-12

Issue

Section

Journal