Ektraksi Pola Penggunaan Sosial Media Organisasi Keagamaan Menggunakan Metode Word Frekuency dan Sentiment Analisys

Rian Hardinata

Abstract


Intisari− Organisasi keagamaan merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari negara Indonesia,
Sila pertama dalam pancasila mengakui asas-asas ketuhanan yang esa, dengan penduduk yang terdiri atas berbagai
agama menjadikan Indonesia sebuah negara yang mengakui keberagaman dalam hal keagamaan. Agama dengan
jumlah pemeluk terbanyak di Indonesia adalah agama Islam, sehingga merupakan sebuah kewajaran jika banyak
berdiri organisasi Islam berdiri di Indonesia, namun tidak semua organisasi tersebut berjalan dengan semestinya,
terdapat beberapa organisasi Islam yang dibubarkan oleh pemerintah karena bertentangan dengan Ideologi negara.
Di era informasi seperti sekarang ini, penyebaran informasi bergerak sangat cepat, salah satu media penyebaran
informasi yang efektif adalah sosial media, salah satu sosial media yang sering dipakai oleh organisasi keagamaan
adalah Twitter karena penggunaanya mudah dan dapat dengan cepat menyebarkan informasi yang diperlukan.
Sebagai sebuah organisasi yang bernaung dibawah Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka setiap organisasi
keagamaan haruslah mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah dengan tidak menyebarkan konten
negatif di media sosial, namun masih belum ada standar atau ukuran yang ditetapkan oleh pemerintah dalam hal
ini untuk organisasi keagamaan, oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti ingin melakukan ekstraksi pola
penggunaan sosial media oleh organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdatul Ulama (NU) diharapkan dari
penelitian ini pemerintah dapat menetapkan standar pola penggunaan sosial media oleh organisasi keagamaan.
Keywords Data Mining, Text Mining, Sentiment Analysis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.